Wednesday, April 18, 2018

Khasiat dan manfaat minyak lintah yang sebenarnya

Mungkin bagi beberapa orang hewan kecil ini adalah parasit, namun bagian sebagian orang lagi lintah adalah hewan penolong. Lintah adalah hewan air yang bisa kita temui di daerah yang berair, danau, rawa, sungai adalah habitat kesukaannya. Berbeda dengan kerabat dekatnya yang suka tinggal disemak, ranting, daun, dan batang batang pohon, hewan tersebut adalah Pacet. Terkadang banyak sekali orang yang menyamakan kedua jenis hewan ini, padahal keduanya sangat berbeda meskipun tubuhnya hampir sama persis.


Lintah jangan disamakan dengan Pacet, karena Pacet bisanya hanya menggigit dan mengambil darah para korban yang digigitnya namun tidak memberikan manfaat. Sedangkan lintah menghilangkan namun dia memberikan manfaat bagi siapa saja yang digigitnya. Lintah hirudo medicinalis salah satu jenis lintah yang sering kita jumpai, bila kita berjalan dirawa rawa dan melihat hewan kecil dengan tubuh lonjong dengan postur tubuh bersegmen-segmen atau bercincin cincin dan warnanya coklat tua kehitaman itu adalah lintah.

Namun jika kita berjalan di hutan atau mendaki gunung dan melihat disemak semak terdapat hewan kecil bersegmen segmen tubuhnya, serta warna tubuhnya coklat cerah, itulah yang namanya Pacet.  Kedua hewan ini yang membedakan adalah habitat kesukaannya, meskipun dari kelas yang sama yaitu Hirudinea.



Lintah mempunyai beragam manfaat


Dari kedua hewan tersebut keduanya memiliki perbedaan, baik dari habitatnya maupun kegunaanya. Pacet tidak memiliki kegunaan dalam bidang kedokteran, sedangkan untuk lintah memelikinya. Minyak lintah yang dihasilkan dari hewan yang satu ini memiliki banyak kegunaan, dan berikut beberapa kegunaan minyak lintah untuk kesehatan.

Manfaat minyak lintah yang pertama adalah mengobati masalah penyakit kulit. Minyak lintah terdapat kandungan thrombin, zat ini berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka. Dia juga digunakan lintah sewaktu menggigit mangsanya, setelah lintah menggigit dia akan mengeluarkan zat tersebut agar luka bekas gigitan cepat sembuh dan tidak meninggalkan bekas luka.

Bagi wanita, lintah hirudo medicinalis juga sangat bermanfaat. Dia sering digunakan untuk bahan pembuatan kosmetik, karena lintah hirudo medicinalis miliki kandungan kolagen. Dimana kolagen sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satu manfaatnya adalah mengatasi tanda tanda penuaan dini pada kulit seperti keriput.

Selanjutnya minyak lintah mengandung hirudin, hirudin merupakan zat yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah. Zat ini juga kerap dimanfaatkan untuk melancarkan aliran darah setelah operasi saraf selesai dilakukan, biasanya seperti operasi pada telapak tangan.

Dan yang terakhir adalah untuk keperkasaan seorang pria. Minyak lintah mengandung senyawa nitric oxide, kandungan yang satu ini ditemukan oleh 3 peneliti yang akhirnya dianugerahi hadiah Nobel dari keberhasilan menemukan zat Nitric oxide yang ada pada lintah. Kandungan ini dapat berfungsi untuk mengencangkan otot otot yang kendor, untuk itulah banyak para pria yang mencari cari minyak lintah untuk digunakan terapi kejantanan dengan cara mengoleskan danengurut alat vital yang dimilki.

Itulah beberapa manfaat minyak lintah yang perlu kita tahu supaya wawasan ilmu pengetahuan yang kita miliki semakin luas, masih banyak manfaat lain yang dimiliki oleh lintah yang belum semuanya saya informasikan diartikel ini. Cukup sekian dan semoga bisa bermanfaat..



No comments:

Post a Comment