Monday, April 16, 2018

Benarkah mandi malam dapat menyebabkan rematik?

Beberapa berita sering kali menyebutkan bahwa mandi dimalam hari itu berbahaya dikarenakan dapat menyebabkan beberapa penyakit dan yang sering dikaitkan adalah penyakit rematik. Walaupun berita itu tidak dikatakan oleh seorang dokter akan tetapi tidak sedikit dari masyarakat yang langsung percaya mengenai kebenaran berita tersebut, sehingga banyak dari masyarakat yang tidak berani untuk mandi malam walaupun habis bekerja sehari penuh.


Maka dari itu disini pada artikel ini saya akan menginformasikan sebuah berita tentang kebenaran bahayanya mandi malam yang banyak mempercayainya bisa menyebabka penyakit rematik. Informasi ini saya berikan dari berbagai sumber yang terpercaya, salah satunya dari alodokter.com

benarkah mandi malam menyebabkan rematik


Mengenal penyakit rematik


Penyakit Rematik adalah sebuah penyakit yang menyerang sendi seseorang, dimana sendi tersebut meradang dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dengan tingkat kesakitan yang parah. Beberapa penyebab penyakit rematik salah satunya adalah makanan yang mengandung purin tinggi, seperti jeroan, seafood, daging merah, makanan kemasan, dan minuman minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi.

Perlu anda ketahui bahwa jika seseorang yang sudah dinyatakan menderita penyakit rematik maka ketika terpapar udara dingin orang tersebut akan merasakan nyeri pada sendinya, ini juga bisa terjadi jika terkena air dingin. Menurut ahli medis bahwa air ataupun suhu udara yang dingin dapat memicu pengerutan pada kapsul sendi, hal tersebutlah yang menyebabkan rasa nyeri pada penderita rematik. Untuk itulah sangat disarankan pada penderita rematik ketika bepergian malam agar selalu memakai jaket, dan apabila mandi dimalam hari sangat disarankan untuk menggunakan air hangat agar tidak merasakan nyeri pada sendi.

Seperti kutipan dari Dr Andry Reza Rahmadi, SpPD, MKes mengatakan bahwa tidak ada bukti nyata ataupun bukti tertulis yang menyatakan bahwa mandi dimalam hari akan menyebabkan penyakit rematik, seseorang yang sehat dapat mandi kapan saja meskipun dimalam hari karena hal tersebut tidak akan menyebabkan rematik.

Dan bagi seseorang yang sudah mengalami rematik dia juga tidak dialarang untuk mandi dimalam hari, dia bisa mandi diwaktu kapan saja. Hanya saja jika dirasa suhu udara ataupun air yang akan digunakan mandi bersuhu dingin maka sebaiknya menggunakan air hangat agar tidak merasakan nyeri di sendi sendi. Dari sedikit informasi diatas sudah jelas jika berita tentang melarang seseorang untuk mandi dimalam hari karena dapat memicu penyakit rematik adalah berita yang tidak benar.

Mandi bisa kita lakukan diwaktu kapan saja, termasuk dimalam hari. Namun yang perlu diperhatikan adalah apabila setelah beraktifitas dan suhu badan kita menjadi panas maka istirahatlah sejenak supaya suhu dalam tubuh kita menjadi normal, karena suhu air biasanya lebih dingin dari pada suhu tubuh kita yang baru saja selesai beraktivitas. Selain itu lebih baiknya menggunakan air hangat jika mandi dimalam hari supaya tidak kedinginan.

Dari artikel diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa mandi d malam dapat menyebabkan penyakit rematik itu adalah mitos belaka, karena tidak terbukti secara medis. Itulah sedikit informasi singkatnya tentang bahaya mandi dimalam hari, semoga bisa menambah wawasan yang berguna bagi semua.

No comments:

Post a Comment