Thursday, April 19, 2018

Kegunaan dan manfaat cacing tanah untuk kehidupan manusia

Cacing tanah, merupakan hewan kecil yang hidupnya didalam tanah. Sesuai namanya yaitu cacing tanah, habitatnya pun ditanah yang berlubang atau dirongga rongga tanah akibat gugusan air. Banyak yang membenci dan merasa geli dengan hewan yang satu ini, pasalnya bentuknya yang menggelikan serta berlendir membuat hampir semua orang membencinya.
Namun perlu anda ketahui bahwa dibalik bentuknya yang menggelikan berlendir tersebut tersimpan berbagai kegunaan yang mungkin belum semua orang mengetahuinya.

    Kegunaan yang pertama adalah menyuburkan tanah.
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa hewan kecil ini habitatnya didalam tanah, maka tak heran tanah yang menjadi habitatnya menjadi lebih gembur, sehingga tanaman yang ditanam didaerah tersebut akan bisa lebih subur karena banyak kandungan oksigen yang tersimpan. Namun selain berguna menyuburkan tanah ternyata cacing tanah juga mempunyai manfaat dibidang kesehatan, semua itu telah terbukti secara medis melalui penelitian penelitian yang dilakukan oleh ahlinya.




Semua manfaat cacing tanah untuk kesehatan tak lepas dari kandungan yang dimilikinya, seperti hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa cacing tanah mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat, diantara adalah Protein yang mencapai 68%, Asam glutamat 8.98 %, Lisin 5.16%, Treonin 3.28%, dan Glycine yang mencapai 3.54%.

Dari berbagai kandungan yang dimiliki cacing tanah tersebut dipercaya dan berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa kondisi kesehatan, diantarnya adalah sebagai berikut:


    1. Meringankan Thypus
    2. Meringankan Demam
    3. Obat Pasca Stroke
    4. Obat Lever
    5. Obat Kolesterol.
    6. Melancarkan pencernaan
    7. Sebagai obat sakit Jantung
    8. Anti Kanker
    9. Penurun DarahTinggi
    10. Melancarkan Penyumbatan Pembuluh Darah
    11. Sebagai obat Kejan Ayan (Epilepsi)
    12. Sebagai obat Cacar Air
    13. Obat Rematik
    14. Mengatasi Diare

    Cara membuat obat dari cacing tanah

Beberapa penyakit diatas terbukti dapat diringankan ataupun diatasi dengan mengkonsumsi cacing tanah. Namun karena bentuk tubuh cacing tanah terlihat menggelikan banyak orang yang masih bingung dan bertanya tanya mengenai cara mengkonsumsinya agar kita dapat dengan mudah memakannya tanpa jijik atau muntah muntah. Dan berikut cara mengkonsumsi cacing tanah agar kita mudah memakannya.

Siapkan penggorengan dan panaskan api, kemudian goreng cacing tanah tanpa menggunakan minyak (disanrai). Setelah cacing tanah sudah terlihat matang dengan warna kehitaman maka dapat kita ambil. Kemudian tumbuk cacing tanah tersebut hingga halus dan masukkan pada kapsul obat, kapsul obat dapat kita beli diapotek terdekat. Dan setelah dimasukkan kekapsul obat maka dapat segera kita konsumsi.


Mengkonsumsi cacing tanah untuk meringankan beberapa masalah kesehatan diatas dapat kita lakukan sehari 3 kali, pagi, siang, dan malam hari secara rutin hingga penyakit yang kita alami mulai membaik. Itulah sedikit informasi mengenai kegunaan dan manfaat cacing tanah untuk kehidupan manusia. Semoga nermanfaat

No comments:

Post a Comment