Wednesday, April 18, 2018

Beternak jangkrik ternyata menguntungkan

Diwaktu kecil jangkrik merupakan salah satu hewan yang sering dibuat mainan karena suaranya yang merdu, mungkin bagi anak yang masa kecilnya diera tahun 90an masih menikmati hal tersebut. Namun untuk saat ini anak anak kecil tidak lagi mengenal hal tersebut, karena rata rata disibukkan dengan permainan smartphone.


Jangkrik salah satu serangga yang memiliki banyak kandungan protein, dia sering dijadikan untuk santapan para burung berkicau. Rata rata burung berkicau yang ukuranya agak besar setiap hari memerlukan jangkrik sebagai pakan tambahan, seperti cucak Rowo, murai batu, jalak dan lain lain.

Untuk saat ini jangkrik memiliki harga yang fantastis, bayangkan saja 1 kilo jagkrik sekarang harganya mencapai 60rb rupiah. Dan harga tersebut terus naik tiap tahunnya, apalagi jika stock ketersediaannya dipasaran sulit maka harganya juga bisa melambung tinggi.



Ternyata jangkrik juga dapat diternak lho


Berbucara masalah harga yang fantastis membuta para peternak ingin memulai peluang bisnis ternak baru, dan salah satu peluang tersebut yang menjanjikan adalah beternak jangkrik. Ya semua itu dikarenakan kebutuhan jangkrik tiap tahun bertambah sedangkan stock ketersediaannya terkadang kurang, sehingga hal ini bisa menjadi peluang besar untuk diternak.

Bagi anda yang suka beternak mungkin peluang beternak jangkrik patut juga anda coba, karena dapat memberikan keuntungan yang besar apabila kita berhasil menernaknya. Untuk itu disini saya akan berbagi tips beternak jangkrik yang mudah dilakukan.

Pertama tama sebelum anda memulai betenak jangkrik maka siapkan dulu tempatnya. Tempat untuk beternak jangkrik dapat kita buat menggunakan kayu/triplek yang disusun secara rapi hingga membentuk sebuah kotak. Dan jika sudah terbentuk maka jangan lupa untuk melasban bagian paling atas supaya jangkrik jangkrik tidak keluar.

Dan jika semua tempat untuk menernak selesai maka kita perlu menambahkan daun pisang kering sebagai alas ataupun tempat jangkrik berlindung nantinya. Selain daun pisang kering kita juga harus menambahkan bekas tempat telur yang terbuat dari kardus itu, ini digunakan untuk jangkrik bersembunyi. Dan jika sudah siap semua maka langkah selanjutnya adalah membeli telur jangkrik.

Telur jangkrik dapat kita beli pada peternak jangkrik  yang sudah besar, karena biasanya mereka juga menyediakan telur telur jangkrik yang siap untuk dijual. 1 kg telur jangkrik bisanya dijual sekitar 400rb/kgnya. Beli telur jangkrik sesuai kebutuhan. Dan langkah selanjutnya adalah dengan menempatkan telur telur tersebut pada tempat yang sudah kita sediakan, dan jangan lupa untuk menutup dengan daun pisang kering yang sudah kita sediakan sebelumnya.

Kira kira jika sudah berselang 3 hari telur telur tersebut akan mulai menetas, dan jika sudah menetas maka harus kita berikan pakan dan sayuran. Pakan yang diberikan adalah konsentrat pakan ayam pedaging, dan untuk sayuranya dapat kita berikan mentimun. Konsentrat tersebut untuk menggenjot tubuh jangkrik supaya cepat besar dan segara panen, sedangkan untuk mentimun sebagai pengganti air minum.

Pakan dapat kita berikan sehari 3 kali saja pagi siang dan malam dengan takaran sesuai kebutuhan jangkrik. Rawat jangkrik seperti biasa dengan memberi pakan dan sayuran, dan setelah masuk dihari ke 30 biasanya ukuran tubuh jangkrik sudah siap untuk dijual. Kita dapat menjualnya pada pedagang pedagang yang menjual pakan ternak burung, saat inilah merupakan saat saat yang paling penting. Karena apabila kita tidak segera menjualnya maka apabila jangkrik jangkrik tersebut sudah keluar bulu maka tidak laku untuk dijual.

Demikian sedikit informasi seputar cara beternak jangkrik yang mudah, semoga bisa bermanfaat dan membantu. 

No comments:

Post a Comment