Monday, May 7, 2018

Cara sederhana dalam beternak burung kenari

Bagi penggemar burung mungkin kenari salah satu burung favorit dari mereka, pasalnya burung ini memiliki suara merdu namun mempunyai harga yang relatif terjangkau. Burung kenari adalah jenis burung pipit, burung ini makanan utamanya adalah bijian seperti burung Pipit lainnya. Burung kenari bukanlah burung asli Indonesia, burung ini segala dibawa ke Indonesia disaat jaman dahulu. Karena suaranya merdu akhirnya banyak yang memelihara dan membudidayakanya.


beternak burung kenari


Dan bagi anda yang ingin coba membudidayakan atau beternak burung kenari caranya cukup mudah, karena burung ini salah satu burung yang mudah diternak. Pertama tama sebelum beternak burung kenari anda harus mempunyai sangkar terlebih dahulu, setidaknya 2 atau 3 sangkar. Dan setelah anda mempunyai sangkar maka langkah selanjutnya adalah membeli kenari yang akan kita ternak. Kenari dapat kita beli di pasar atau dipeternak yang sudah membudidayakanya. Beli 1 jantan dan satu betina, bisa langsung membeli kenari yang siap kawin atau bisa juga membeli yang masih anakan.

Membeli kenari yang masih anakan keuntungannya adalah harganya lebih murah, namun untuk proses sampai dia bertelur sedikit membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan untuk membeli kenari yang sudah siap kawin kelebihannya adalah cepat untuk reproduksi namun harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan membeli kenari yang masih anakan. Tentukan pilihan anda ingin memulai dari membeli yang mana.

Dan jika anda sudah mendapatkan kenari yang akan diternak maka langkah selanjutnya adalah mulai membudidayakannya. Pemberian pakan dapat kita lakukan dipagi hari, pakan yang diberikan adalah bijian, yaitu adalah kenari seed. Berikan juga sayur dan juga air minum, sambil kenari tersebut dijemur. Dan jika kenari yang kita pelihara atau kita beli sudah memasuki masa reproduksi maka selanjutnya adalah proses penjodohan.

Dalam menjodohkan kenari antara jantan dan betina sangkarnya harus kita tempelkan setiap hari, ya setiap hari sampai keduanya saling mengenal. Beri mereka pakan seperti biasa dan ditambah dengan diberi telur puyuh rebus. Tanda tanda antara kenari jantan dan betina berjodoh adalah jika keduanya apabila tidur berdekatan, selain itu biasanya terlihat saling meloloh. Dan jika kedua tanda tersebut terlihat maka langkah selanjutnya adalah mencampurkannya dalam satu sangkar.

Mencampurkan kenari dalam satu sangkar dapat kita lakukan dipagi hari atau disore hari. Campurkan jantan dan betina, lihatlah apabila keduanya sudah terlihat kawin maka biarkan sampai terjadi perkawinan 3-4 kali. Setelah itu hari berikutnya ulangi langkah langkah diatas hingga sang betina sudah bertelur 3 butir, dan jika sudah bertelur 3 butir maka langkah selanjutnya adalah menjauhkan kenari jantan dari kenari betina. Hal ini bertujuan supaya sang betina tidak terganggu ketika proses pengeraman. Kenari betina akan mengerami telurnya sekitar 14 hari, dan setelah 14 hari telur telur akan menetas.

Dan jika telur sudah menetas maka harus kita beri pakan yang bergizi seperti telur puyuh, beri telur puyuh setiap hari untuk memoloh anak anak kenari. Dan jika sudah berumur 2 Minggu biasanya anakan kenari sudah mulai belajar makan sendiri. Dan jika sudah terlihat makan sendiri maka harus kita pisahkan antara induk kenari dan anak kenari. Biarkan induk betina istirahat hingga pulih kondisinya, setelah itu baru bisa dilakukan penjodohan kembali.

Nha itulah beberapa langkah langkah dalam beternak burung kenari, langkah langkah diatas terlihat mudah dilakukan namun jika anda belum pernah beternak kenari maka awal awalnya akan sedikit kesusahan. Namun. Nanti lama kelamaan akan bisa dengan sendirinya, karena beternak kenari murapakan mudah jika dibanding beternak burung yang lain.

Artikel lainnya: cara menggunakan hajar jahanam

No comments:

Post a Comment